Kegiatan IbM kali ini dengan mengusung tema “Edukasi vaksin covid-19 terhadap anak sekolah” terutama pelajar SMP yang masih dalam tahap perkembangan dalam pembelajaran. Kali ini edukasi berada pada anak sekolah di SMP Barunawati Kelurahan Tanjung Mas Kota Semarang.

Kegiatan yang terselenggara pada tanggal 13 Januari 2022, diikuti oleh perwakilan dari wakil kepala sekolah dan guru kelas siswa. Dalam hal ini jangkaun ibM kali ini pada siswa kelas 3 dengan pemahaman bahwa edukasi vaksin sangat penting dalam menjaga kondisi tubuh.

Kegiatan yang dibuka oleh ketua kelompok IbM yaitu Ibu Fitria Wulandari, SKM,M.Kes. Dengan membuka acara adanya perkenalan dari tim dengan pembahasan bahwa vaksinansi dan protokol kesehatan berperan penting untuk semua kalangan masyarakat terutama untuk siswa sekolah yang sudah adanya system pembelajaran Luring, “kata ibu fitria.

Tim pemberdayaan masyarakat yaitu Fitria Wulandari, SKM,M.Kes, Lenci Aryani, SKM,M.Kes dan Eko Hartini, ST,M.Kes untuk paparan materi yang disampaikan oleh seluruh tim secara bergantian. Diawali dengan paparan terkait protokol kesehatan dalam lingkungan masyarakat, Positif dan negatif dari kegiatan vaksinasi dan Kegiatan vaksin untuk anak sekolah.

Materi tersebut semua memberikan dampak dan adanya ruangan kelas semakin bertambah edukatif karena ada beberapa siswa yang mengajukan beberapa pertanyaan dan menambah keingintahuan mereka terhadap efek vaksin. Ada salah satu siswa yang bertanya, “Bu, kami setelah divaksin kenapa menjadi pusing dan demam?”, celetuk salah satu siswa. Perwakilan tim kami segera memeberikan penjelasan terhadap pertanyaan tersebut.

Seluruh siswa menjadi antusias dan memahami dari rangkaian acara dalam edukasi vaksin ini terhadap penyakit Covid-19. Ketua tim menjelaskan bahwa dengan adanya vaksin yang sudah dianjurkan oleh pemerintah kita semua bisa membentengi atau imunitas dan antobodi seseorang menjadi lebih terbentengi oleh penyakit-penyakit seperti Covid-19, “kata Ibu Fitria.