Mini Course yang diselenggarakan oleh AHLA UDINUS telah memasuki series 3. Mini Course merupakan salah satu dari kegiatan yang dilakukan oleh Asian Health Literacy Association  (AHLA) Country Office Universitas Dian Nuswantoro Semarang / AHLA UDINUS. Pada Mini Course Series 1 dan 2 sebelumnya, topik yang diangkat yaitu pemanfaatan excel (dasar excel dan excel advance). Sedangkan, pada Mini Course Series 3 yaitu pelatihan statistic dasar. Mini Course menjadi salah satu kegiatan yang dapat diikuti oleh mahasiswa/dosen untuk menambah kemampuan dalam menggunakan excel atau spss.

Pada Mini Course Series 3, materi yang disampaikan yaitu uji korelasi parametric dan non parametric, uji beda parametric dan non parametric, T-test paired, independent, Mann Whitney, dll, PPM, Rank Spearman, Chi Square, Fisher Exact, dll. Kegiatan ini terselenggara pada tanggal 10 April 2021 pukul 09.00-15.00 WIB melalui zoom meeting. Puluhan peserta telah berpartisipasi pada kegiatan ini, baik dari mahasiswa maupun dari dosen. Mahasiswa yang hadir tidak hanya dari UDINUS, namun juga terdapat dari luar UDINUS. Hal ini juga sesuai dengan komitmen dari AHLA UDINUS, bahwa semakin banyak kampus yang terlibat, maka akan semakin banyak perspektif atau peningkatan kemampuan dari peserta mini course. Pemateri yang terlibat pada Mini Course Series 3 juga berasal dari luar UDINUS dan juga memiliki kompetensi di bidangnya. Pemateri pada Mini Course Series 3, yaitu Dewi Wulandari, S.Si., M.Sc. (Dosen di Prodi Pendidikan Matematika UPGRIS) dan Muhammad Bayu Nirwana (Dosen di Prodi S1 Statistika FMIPA UNS).

Pemaparan Materi yang lugas dan detail membuat peserta menjadi mudah untuk memahami. Kesigapan panitia dari AHLA UDINUS juga menambah kesuksesan Mini Courses Series 3 ini. AHLA UDINUS sebagai penyelenggara juga menyiapkan modul secara gratis dan e-sertifikat kepada peserta.

Ucapan terimakasih dari pemateri kepada peserta dan AHLA UDINUS menutup kegiatan Mini Course Series 3. Pemateri dan Panitia dari AHLA UDINUS dibuat kagum dengan peserta yang betah selama hampir 6 jam untuk belajar statistik. Kebanyakan peserta merupakan mahasiswa tingkat akhir yang memang relate dan membutuhkan pemahaman lebih mengenai statistik. Harapannya, agar mereka tidak bingung ketika sedang mengolah data kuantitatif atau ketika menghadapi pertanyaan dosen penguji pada saat ujian skripsi.

AHLA UDINUS akan terus berkomitmen untuk menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat untuk peningkatan pengetahuan atau kemampuan seseorang terutama pada bidang kesehatan. Pantau informasi lebih lanjut mengenai kegiatan selanjutnya dari AHLA UDINUS, melalui:

WEB: https://ahla-indonesia.dinus.ac.id/office/

IG: @ahla.udinus

Youtube:  channel “AHLA Indonesia”