Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro sebagai bagian dari Asian Health Literacy Association (AHLA) ikut menghadiri Internasional Konferensi AHLA yang ke-8 yang dilaksanakan tanggal 27-29 Oktober 2022 di Changhua Chang Bing Show Chwan Memorial Hospital, Taiwan. Konferensi yang mengusung tema ‘Health Literacy and Social Resilience’ merupakan acara pertama yang diadakan AHLA setelah pandemi dimana para anggota AHLA yang berasal dari berbagai penjuru dunia berkumpul untuk memaparkan penelitian mereka terkait literasi kesehatan, kurang lebih sebanyak 200 partisipan yang hadir baik secara langsung maupun daring.

Dalam konferensi tahunan ini, Nurjanah, dosen di Fakultas Kesehatan sekaligus anggota dari AHLA UDINUS Indonesia Country Office mendapatkan penghargaan sebagai 3rd Best Poster dengan penelitiannya yang berjudul ‘The Media Literacy Intervensi to Reduce Intention to Smoke Pleadolescent’. Selain Nurjanah, Enny Rachmani juga berkesempatan untuk memaparkan penelitian dalam konferensi internasional tersebut dengan penelitiannya berjudul ‘Digital Health Literacy and the usability of Peduli Lindungi Application to Control Covid-19 in Indonesia’.

Dengan adanya konferensi tahunan ini diharapkan dapat menjadi cara terbaik untuk meningkatkan layanan kesehatan dengan mengumpulkan para ahli dan peneliti literasi Kesehatan dari seluruh Asia. Selain itu peningkatan literasi kesehatan telah menjadi prioritas utama dalam kebijakan kesehatan masyarakat yang dimiliki oleh banyak negara. Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro yang merupakan AHLA Indonesia Country Office, memiliki harapan agar UDINUS dapat selalu menjadi rujukan bagi para peneliti lain terkait literasi kesehatan baik literasi kesehatan secara umum (general health literacy) maupun literasi kesehatan digital (digital health literacy) mengingat bahwa Fakultas Kesehatan UDINUS merupakan pioneer di bidang literasi kesehatan dan salah satu kampus yang memiliki kemampuan IT terbaik di Indonesia.