Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro meluncurkan sebuah wadah digital yang bermanfaat untuk para peneliti khususnya di bidang literasi kesehatan. Wadah digital yang diberi nama SICERDIK (Sistem Informasi Cara Evaluasi Range Digital Literasi Informasi Kesehatan) merupakan aplikasi self-assessment literasi kesehatan digital sebagai dasar transformasi digital bidang kesehatan. SICERDIK terbentuk sebagai wujud dukungan Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro dalam kemajuan pengembangan penelitian dibidang literasi kesehatan.

Dalam laman SICERDIK terdapat empat kategori literasi yang dapat diakses oleh para peneliti, yaitu:

  1. Public Health Informatics Competencies for Primary Health Care (PHIC4PHC). Kategori ini digunakan untuk mengukur literasi digital untuk tenaga kesehatan.
  2. Digital Health Literacy Competencies for Citizen (DHLC). Kategori ini digunakan untuk mengukur literasi kesehatan digital untuk masyarakat.
  3. TB Literacy (TBL-20Q-IDN). Kategori ini digunakan untuk mengukur literasi kesehatan Tuberkulosis (TB).
  4. Pengukuran Tingkat Literasi Kesehatan Versi Singkat untuk Indonesia (HLS-EU-SQ10-IDN). Kategori ini digunakan untuk mengukur literasi kesehatan umum.

Setiap kategori memiliki kegunaan yang berbeda berdasarkan kebutuhan peneliti dan kuesioner khusus yang telah disesuaikan dengan setiap topik yang diangkat pada tiap ketagori. Kuesioner-kuesioner yang dikembangkan pada SICERDIK sudah teruji validitas dan reliabilitasnya dan merupakan kuesioner kembangan dari berbagai instrument yang teruji di luar negeri, seperti The Digital Competences Framework for Citizens-DigComp 2.1, Ehealth Literacy Scale, dan Framework ICT Literacy. Pihak pengembang mempermudah perolehan kuesioner hanya dengan mengunjungi laman SICERDIK.

Masyarakat ataupun peneliti dapat mengukur literasi Kesehatan secara online dan mendapatkan hasil level literasi yang didapatkan melalui email. Untuk mengunjungi laman SICERDIK bisa diakses pada https://sicerdik.dinus.ac.id/.