Asian Health Literacy Association  (AHLA) Country Office Universitas Dian Nuswantoro Semarang melakukan penandatanganan nota Kesepahaman dan perjanjian kerjasama (MOU) dengan Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (PERSAKMI) Jawa Tengah. Acara ini dihadiri oleh Direktur AHLA UDINUS, Sri Handayani, S.KM, M.Kes  dan Ketua Umum PERSAKMI JATENG Sadono Wiwoho, S.KM, M.Kes (Epid). Penandatanganan dilakukan di Ruang Teleconference Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro pada tanggal 18 Agustus 2020.

Peningkatan daya saing pada bidang pendidikan kesehatan serta untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang proaktif, kreatif dan inovatif menjadi hal yang melatar belakangi penandatanganan kerjasama dengan organisasi profesi tersebut. Perjanjian kerjasama ini menyangkut semua kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat untuk bidang kesehatan.

Peningkatan kemampuan dan kemandirian Sumber Daya Manusia pada lembaga pendidikan (dosen – mahasiswa) dan organisasi profesi adalah hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan kesehatan masyarakat. Hal ini dapat meningkatkan kesepahaman antara teori dan praktik yang ada di lapangan.

Beberapa kegiatan yang dilakukan setelah penandatanganan MOU, ialah:

  1. Kerjasama pendampingan Kelurahan Literasi di daerah Tanjung Mas Kecamatan Semarang Utara.
  2. Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada bidang kesehatan.
  3. Pelaksanaan Pertemuan Ilmiah (Seminar, Symposium, Workshop) yang akan diadakan di Semarang dan atau Jawa Tengah di Tingkat Nasional maupun Internasional.

Kegiatan penandatanganan nota Kesepahaman dan perjanjian kerjasama (MOU) antara AHLA UDINUS dan PERSAKMI JATENG juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Kesehatan, Sekretaris Prodi Fakultas Kesehatan dan Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Dian Nuswantoro. Kegiatan tersebut diadakan ditengah pandemi Covid-19, sehingga penerapan protokol Covid-19 mutlak diperlukan. Penerapan protokol Covid-19 pada kegiatan tersebut ialah penggunaan masker ,menjaga jarak serta mencuci tangan sebelum memasuki ruangan.