Sabtu, 4 April 2020 AHLA (Asian Health Literasi Association) Udinus dan PERSAKMI (Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia ) telah sukses melaksanakan kegiatan pembagian sabun cuci tangan sebanyak 21 liter dan memberikan pamflet sebagai media informasi tentang Covid-19 kepada warga Kelurahan Tanjung Mas. Kegiatan ini dilaksanakan pada siang hari.

Ibu Sri Handayani selaku direktur AHLA Udinus beserta perwakilan Persakmi yaitu Ibu Eti Rimawati dan Ibu Retno Gayatri ikut hadir untuk membagikan sabun cuci tangan dan pemasangan media Informasi Cuci Tangan guna mencegah Virus Covid 19 di kelurahan Tanjung Mas. Kegiatan ini juga melibatkan para pemangku kepentingan di wilayah tersebut seperti Ketua LPMK yaitu Bapak Basuki dan Lurah Tanjung Mas Bapak M. Yosep Joko S, S.Pd.

Hal ini menyikapi pertambahan pasien positive corona yang semakin meningkat signifikan. Cuci tangan menggunakan sabun telah dikonfirmasi WHO dapat membunuh virus corona itu sendiri. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pencegahan Covid-19 yang sekarang kasusnya semakin bertambah bahkan di wilayah Jawa Tengah khususnya daerah Semarang.

Pembagian sabun cuci tangan ini diharapkan bisa digunakan seluruh warga yang ada di wilayah kelurahan tanjung mas agar senantiasa melakukan pencegahan covid-19 salah satunya dengan sering cuci tangan dengan menggunakan sabun.

Selain sabun cuci tangan, ada juga media informasi yang di pasang di balai kelurahan, balai RW yang berisi tentang informasi covid 19, dan cara pencegahannya.  Hal ini mendapatkan respon positif dari stakeholder yang bersangkutan dan masyarakat sekitar.